Langsung ke konten utama

Masa sekolah SMPN 6 Makassar 2012-2015

 halo! nulis artikel ini di penghujung tahun 2023, jadi ceritanya mungkin singkat padat jelas aja ya! hehe.

    Pendaftaran SMP-SMA pada zaman itu tidak seperti sekarang yang melalui internet, menginput data melalui sekolah yang dituju kemudian menunggu hasil dan berdoa agar tidak keluar dari kuota yang telah ditentukan. Namun, proses sewaktu itu melalui seleksi berkas, kemudian seleksi tes tulis, lalu tes wawancara. Seperti bekerja ya? haha. 

    Seleksi berkas pada masa itu dimulai dari rerata rapor terakhir SD (sepertinya dimulai dari kelas 4-6 semester 1) ada batas minimum, lupa berapa, tapi sepertinya minimal 85. Bukan hanya itu, sanking ribetnya dimasa itu, rapor masing-masing semester harus di fotokopi beberapa rangkap (mungkin 3). Kita datang ke sekolah tujuan ke SMPN 6 Makassar.

    Datang, mengantri, memperlihatkan ke panitia sekolah berkas-berkas yang diperlukan, apabila tidak memenuhi, kita akan langsung diberitahu ditempat ehe, bisa dibayangkan kan berapa lama waktu itu kita mengantri? Alhamdulillah waktu itu lulus seleksi berkas, lalu panitia memberikan kartu tes yang dibubuhi foto SD 3x4. 

    Lalu tes tulis. Detailnya sudah lupa tes apa saja dalam tes tulis itu. Tapi tes saat itu sangat ramai oleh semua calon siswa(i), bahkan dalam 1 ruangan sepertinya hampir lebih dari 40 siswa. Kemudian ada tes wawancara, sepertinya ada 2 jenis tes, ditanya umum, lalu tes bahasa Inggris. Tes bahasa Inggris ini sangat krusial karena sekolah bersangkutan adalah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, namun gelar ini dihilangkan saat saya kelas 1 SMP semester 2), sayang nya saya sendiri tidak terlalu maksimal dalam tes ini karena selama bersekolah sebelumnya hanya berlatih menceritakan daily activity mulai dari bangun di pagi hari hingga tidur lagi, ternyata saat tes ditanyakan apa pendapat kita tentang gambar yang diperlihatkan :) 

    Pengumuman. Kalau pengumuman sekolah saat ini bisa dipantau dan dilihat kapan saja melalui internet, saat itu kami menunggu pengumuman di koran. Jadi 3 angka terakhir nomor tes kita menjadi angka yang dicari-cari. Alhamdulillah, ternyata saya lulus masuk sekolah tersebut. 

    Rasanya sangat bersyukur dan beruntung bisa bertemu dan berteman dengan teman-teman dari berbagai SD lain, walau pun saya sendiri tidak terlalu pandai bergaul hihihi. Mendapat kesempatan diajar oleh guru-guru yang hebat. Kesempatan yang tidak akan terulang dua kali. 

    Apakah sekolah disana membuat saya menjadi hebat? Tentu tidak, banyak teman saya jauh lebih cerdas, pintar, dan hebat. 

    Apakah menemui banyak masalah semasa sekolah? Tentu saja, karena tidak pandai bergaul saya pernah ada tugas kelompok lalu tidak ada yang mau 1 kelompok dengan saya, wkwk, klasik aja. Pernah terlambat. Pernah diusir dari kelas karena tidak menempel kan kertas yang diperintahkan. Pernah tidak mengerti apa yang dibahas oleh guru karena memang konsep sekolah bilingual bahasa Indonesia-bahasa Inggris. Dan permasalahan anak sekolah pada umumnya. 

Sekian pengalaman saya yang bisa saya ingat. hihi =D.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ujian Laboratorium Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia

 Halo lagi frend!! Mohon maaf sebelumnya kalau postingannya gak nyambung haha.      Sebelumnya dibahas tentang saya yang berulang tahun bertepatan dengan hari ujian lab saya.  Mungkin untuk para pembaca, gimana sih ujian lab itu? Sistemnya bagaimana? Apakah berpengaruh terhadap perkuliahan kita? Nilai kita? Dll? Mari saya tuliskan secara singkat, padat dan jelas saja ya! 😂 Khususnya di kampus saya, Universitas Muslim Indonesia, Makassar.      Untuk yang tak tahu seperti apa itu ujian lab.. pada dasarnya seperti ujian akhir semester namun dengan versi lisan dan diuji oleh dosen/senior yang menjadi asisten di lab itu. Bila di perkuliahan kita diuji setelah belajar selama 1 semester, di lab kita diuji setelah menjalani beragam praktik dan menerima ilmu dari para asisten semaksimal mungkin. Untuk mahasiswa(i) yang jurusannya tidak memiliki lab, selamat tidur lah kalian.      Setelah selesai praktik dan belajar selama beberapa waktu di laboratorium bersangkutan, tidak serta-merta kita

Kelahiran Adik 17 Tahun yang Lalu

 Makassar, 29 Mei 2021. 00:12 WITA.  Fuji : "Heppi berday illa!!"  Illa : "...." Fuji : "Mama, ulang tahun illa mamaaa! 17 tahun yang lalu mama lahirkan illa.. jam berapa?" Mama : "Jam 2 pagi..."  Fuji : "wih, jam shalat tahajjud memang, mantul," Mama : "jam 2.48 pagi," Fuji : "berapa lama proses pembukaannya? 10 jam?"  Mama : "tidak lama, mama tiba rumah sakit jam 12-an pagi, bahkan sampai tidak tahannya saya, saya yang buka itu pagar rumah sakit, terus saya jalan kaki gedor-gedor pintu suster didalam," Fuji : "deh cepatnyaa.." Mama : "kau ji yang paling lama," Illa : "memang itu paling beban keluarga," Fuji : "iya juga, illa ayo nanti ke capil print ktp!" Illa : "hmm..." Happy birthday, Illa! Heppi sweet-17! huh.